Selamat datang di blog saya semoga kalian mendapatkan informasi menarik disini.

Selasa, 01 Juni 2021

Pengaruh Lego untuk Pertumbuhan Otak Anak

Pengaruh Lego untuk Pertumbuhan Otak Anak. Setiap orang tua yang mencari yang terbaik dalam aktivitas membangun otak kemungkinan besar telah melihat kegembiraan di sekitar LEGO Bricks dalam beberapa tahun terakhir.

Semakin banyak orang tua dan pendidik yang menyadari peluang belajar yang dapat diberikan oleh batu bata kecil yang saling terkait ini kepada anak-anak mereka. Seperti yang ditemukan para peneliti, permainan balok konstruksi, termasuk dengan Lego  Bricks, menawarkan spektrum manfaat penuh bagi pikiran pemula.

Beberapa manfaat ini ditemukan di bidang biasa, seperti matematika, aktivitas spasial, dan keterampilan teknik awal. Yang lainnya lebih mengejutkan, terutama keterampilan sosial. Di mana pun anak Anda berada dalam hal usia dan kemampuan serta minat, dan ke mana pun anak Anda menuju.

Pengaruh Lego untuk Pertumbuhan Otak Anak

Lego Bricks membangun Keterampilan Sosial

Sekilas, Anda mungkin tidak melihat jembatan yang jelas mengarah dari permainan konstruksi ke keterampilan sosial yang lebih baik. Entah anak Anda bermain dengan anak lain atau terpisah, perkembangan keterampilan sosial dan komunikasi mereka sebenarnya terjadi di dalam!

Permainan Konstruksi membangun Keterampilan Spasial

Saat tangan-tangan kecil memanipulasi dan menguji balok-balok itu, hal-hal lain muncul dalam pikiran muda yang lentur itu. Mereka membangun kemampuan spasial kemampuan untuk memvisualisasikan dan merencanakan objek tiga dimensi. Saat pemahaman Anda tentang ruang di sekitar Anda tumbuh, begitu pula kemampuan spasial Anda.

Kemampuan spasial yang kuat dikaitkan dengan karier sains dan teknologi, seperti kimia, teknik, dan matematika. Sekalipun anak Anda menunjukkan minat lain, mereka tetap bisa mendapatkan keuntungan.

Penelitian juga menemukan bahwa keterampilan spasial penting dalam arsitektur, seni visual, dan bahkan kedokteran. Yang lebih mengejutkan, penelitian menemukan korelasi yang kuat antara penalaran spasial yang kuat dengan inovasi dan kreativitas di kemudian hari.


Bagaimana Pengaruh Lego untuk Pertumbuhan Otak Anak?

 

Kabar baiknya adalah keterampilan spasial tidak selalu tentang bakat, atau dilahirkan dengan itu. Meskipun mungkin demikian, memang benar bahwa keterampilan spasial dapat ditingkatkan dengan pelatihan.

Ini salah satu yang sangat mencolok. Sebagai masyarakat, kita sering menganggap laki-laki memiliki kemampuan alami dalam penalaran spasial dibandingkan dengan perempuan. Kami cenderung membangun waktu bermain kami di sekitar bias ini.

Hubungan Antara Permainan Konstruksi dan Keterampilan Matematika

Jadi sekarang kita tahu bahwa para peneliti merasa cukup yakin bahwa bermain dengan Lego Bricks dapat meningkatkan keterampilan spasial, setidaknya ada sepasang penelitian lain yang menunjukkan bahwa masa kecil permainan konstruksi diterjemahkan ke dalam peningkatan kinerja matematika.

Para peneliti pada beberapa tahun lalu menemukan hubungan antara permainan Lego dan kemampuan matematika pada anak usia diatas balita. Pertama, mereka menguji kemampuan setiap anak untuk membangun struktur Lego yang kompleks sebelum mengikuti tes matematika. Anak usia tersebut yang melakukan pekerjaan bangunan dengan lebih baik memiliki nilai matematika yang lebih baik.

Lego Bricks sebagai Alat Matematika

Guru dan orang tua sekolah rumah telah menemukan bahwa batu bata itu sendiri adalah alat yang sangat baik untuk mengajarkan konsep matematika: penjumlahan dan pengurangan, perkalian, pecahan, pengukuran, dan bahkan konsep aljabar. Jika mereka menggunakan sesuatu yang sudah dikenal anak-anak dan senang bermain, itu adalah alat belajar yang ramah.

Teknik Untuk Pemula

Ketika seorang anak kecil membangun dengan balok, sebenarnya ada banyak rekayasa yang terjadi. Apa yang mungkin terlintas dalam pikiran adalah anak berusiadi atas balita membangun kendaraan kompleks dari buklet instruksi tebal, menampilkan banyak potongan kecil dan bagian yang bergerak. Sekian dari saya terkait Lego kali ini. Semoga bermanfaat!

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © ritoncology.net | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com